Sabtu, 07 Mei 2011

Kebangkitan Nasional Merupakan Kebangkitan Indonesia dalam menentukan Jati diri

                                                      Bangunlah & Bangkitlah Negeriku Tercinta
      Bangsa ini setiap tanggal 20Mei selalu memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Mengapa demikian?
 Ayo kita tengok sebentar sejarah  masa lampau yang mempengaruhi keadaan Indonesia sekarang ini. Kata orang bijak adalah bangsa yang besar yaitu bangsa yang selalu menghormati dan menghargai perjalanan sejarah bangsanya!!!! Untuk itu setiap momen memperingati hari bersejarah jangan hanya ritualnya saja namun kita harus betul betul menghayati, mengambil nilai-nilai adiluhung dari sebuah perjuangan.
      Telah kita ketahui bersama bahwa negeri kita;Indonesia tercinta hampir 350tahun (3,5abad) dari tahun 1596 (awal kedatangan Belanda) sampai 1945 dijajah, dihina, di injak injak oleh orang-orang Belanda dan negara negara barat lainnya (Prancis, Inggris,Jepang)sehingga negeri ini tak ada nilai alias tak bermartabat di mata negara lain. Perjuangan demi perjuangan yang dilakukan oleh para putra-putri terbaik bangsa ini telah dilakukan dengan satu tujuan tekad yaitu mengusir para bangsa barat yang telah menjajah Indonesia. Mulai dari Thomas Matulessi, Sultan Agung Hanyokro Kusumo, Sultan Hasanudin, Igusti Ktut Jlantik,Pangeran Diponegoro, Tuanku Imam Bonjol, CutNya'dien-Teuku Umur-Tengku cik ditiro-Panglima Polim (pejuang Aceh dan mereka betul-betul dipadamkan pada tahun 1904). Semua perjuangan Putra-Putri bangsa tersebut gagal total karena sifatnya kedaerahan(tidak ada perjuangan bersama) sehingga Belanda sangatlah mudah untuk menerapkan Politik Devide Et Empera (pecah belah dan kuasai). Sehingga Belanda betul betul mampu menguasai negeri yang besar dari Sabang sampai Merauke.
      Namun diawal abad 20 tepatnya 20Mei1908 di Jakarta yang diprakarsai oleh Soetomo (Mahasiswa Stovia) dan didukung oleh dr.Whidin Sudirohusodo didirikanlah organisasi Budi Oetomo dengan tujuan inti ingin mencapai kemajuan dan meningkatkan derajat bangsa. Organisasi Budi oetomo merupakan pelopor pergerakan nasional dan organisasi yang mengumandangkan makna nasionalisme bagi bangsa Indonesia sebagai penggerak rasa kebangsaan yang pertama di tanah air untuk itu hari kelahiran Budi Oetomo 20Mei selalu dikenang bangsa dan rakyat Indonesia sebagai hari kebangkitan nasional. Kelahiran Budi Oetomo merupakan babak baru dalam strategi perjuangan bangsa, sehingga dengan persatuan skala Nasional akhirnya atas rahmat Allah S.W.T tanggal17-08-1945 bangsa Indonesia mampu memproklamasikan diri sebagai pernyataan bebas dari segala bentuk Penjajahan. Dengan persatuan dan kesatuan yang kuat antar anak bangsa Indonesia mampu membangun dan menjajarkan diri menjadi bangsa yang bermartabat sejajar dengan bangsa bangsa lian di dunia ini. Namun karena keserakahan oknum-oknum Indonesia dan pergolakan politik yang tajam Indonesia pernah mengalami keterpurukan (Pasca pemberontakan PKI 1965),mengalami krisis moral kepercayaan dan moneter (1995-1998) Indonesia sempat terjadi krisis yang dasyat. namun sedikit demi sedikit dan kesepakatan mengadakan perubahan (Reformasi) Indonesia mulai merangkak. Tahun 2011ini menjelang Peringatan Kebangkitan nasional alangkah baiknya segera bangkit menyusul ketertinggalan, menata pemerintahan dengan jujur dan memaju komponen anak bangsa untuk berbuat terbaik demi negeri ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar