Kamis, 27 Oktober 2011

Mengkaji Hari sumpah Pemuda

SUMPAH PEMUDA 28OKTOBER 1928

      Menindak lanjuti hasil kongres Pemuda I yang diadakan pada 30 April - 2Mei 1926 di jakarta maka pada tanggal 27-28Oktober1928 diadakanlah kongres pemuda ke dua yang diadakan di gedung Indonesische Clubgebou ( IC) dijalan kramat raya 106 Jakarta yang diketuai oleh SUGONDO JOYOPUSPITO mengeluarkan keputusan penting yaitu dikeluarkanya ikrar SUMPAH PEMUDA. Semua organisasi pemuda (Jong Java; Jong sumatranen Bond, jong minahasa, Jong Celibes, Jong Batak, Timores bond dll) dilebur menjadi satu menjadi Indonesia muda.

      Ikrar/sumpah pemuda tersebut berbunyi:
  1. Kami putra putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia.
  2. Kami putra putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia
  3. kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia
      Inti isi dari sumpah pemuda adalah satu nusa. satu bangsa dan satu bahasa. Di saat itulah lagu Indonesia raya Ciptaan Wr. Soepratman pertama kali dikumandangkan. Berkat sumpah pemuda arah perjuangan Indonesia semakin tegas yaitu mencapai kemerdekaan tanah air Indonesia.untuk mencapai kemerdekaan tersebut bangsa Indonesia memandang perlu adanya rasa persatuan  dan kesatuan sebagai bangsa yaitu bangsa Indonesia.
Wr. Soepratman (pencipta Lagu indonesia raya)
       Walaupun Peristiwa sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 telah terjadi puluhan tahun yang lalu namun semangat jiwa sumpah pemuda maupun isi sumpah pemuda masih sangat layak untuk dipertahankan dimasa pembangunan ini! Kita sebagai rakyat Indonesia wajib mempertahankan persatuan dan kesatuan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI).   NKRI harga mati; jangan sampai kita terpecah belah kembali walaupun perbedaan banyak terjadi dimasyarakat! Dengan menjalankan Bhineka Tunggal Eka secara murni dan konsekwen dan dilandasi semangat sumpah pemuda 28 Oktober 1928 bisa terbentuk bangsa yang kokoh dan kuat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar