Kamis, 23 Desember 2010

trik untuk mengatasi pelupa & meningkatkan daya Ingat

      Ah dimana ya aku tadi menaruh dompetku? Udah makan apa belum ya aku tadi pagi? Maaf ya aku lupa membawakan bukumu!!!! dan berjuta perkataan lagi yang menandakan bahwa seseorang sedang dalam keadaan lupa. Apakah keadaan lupa itu salah? seseorang yang lupa itu tidak salah, lupa itu sifat dari manusia. Namun sifat lupa itu sangat bahaya buat seseorang yang bekerja di suatu profesional yang fital, misalnya dokter bedah. Dokter setelah mengoperasi pasien namun dia lupa bahwa peralatan operasinya ada yang tertinggal di dalam tubuh pasien maka bukan pasien akan mengalami kesembuhan tetapi penderitaan yang sangat pada pasien tersebut.
     Masalah lupa dalam bahasa latinya dementia merupakan suatu sindroma klinis yang ditandai oleh gangguan memori dan fungsi kognitip berupa penurunan daya ingat penurunan fungsi intelektual yang menyebabkan perubahan tingkah laku sehingga mengganggu aktivitas kehidupan sehari hari. Kondisi pelupa atau bahasa jawanya PIKUN tidak saja dialami oleh kaum tua nan jompo namun juga banyak dialami oleh ramaja maupun dewasa yang belum menginjak tua betul(usia masih kisaran 30th-50th). Biasanya sifat lupa yang dialami oleh orang-orang yang masih muda karena pengaruh psikologis, keadaan sulit tidur (insomia),stres/kecemasan, merokok, minum-minuman keras, melakukan pekerjaan yang terburu buru karena tekanan kerja yang tinggi dan harus segera diselesaikan. Pada intinya pikun atau lupa itu karena otak yang tidak sehat. Otak yang sehat diperoleh dari ketersediaan oksigen yangn bersih dan cukup.
      Bagaimana membuat seseorang tidak menjadi pelupa?
      Cara membuat seseorang agar tidak menjadi seorang pelupa adalah...
  1. sering melakukan evaluasi diri dan bergaya hidup sehat (menghindari roko, minum minuman keras, melakukan pekerjaan tidak terburu buru namun penuh ketelitian dan kehati hatian) meningkatkan kualitas otaknya (sering membaca).
  2. Mengkonsumsi makanan yang bergizi 4sehat 5sempurna (Karbohidrat,protein,lemak, buah dan sayur ditambah susu) /gizi seimbang; yang mana dengan gizi yang baik dapat meningkatkan daya ingat.
  3. Vitamin tambahan; selain makan makanan yang bergizi maka minum vitamin tambahan yang dipercaya, bila perlu mintalah petunjuk dokter anda.
  4. Olah raga yang rutin; dengan berolah raga membuat darah lancar mengalir keseluruh tubuh termasuk keotak, hal inilah dapat meningkatkan daya ingat kita. Pilih olah raga sesuai dengan batas batas kemampuan, jangan diporsir karena justru akan menyakitkan tubuih kita.
  5. Istirahat yang cukup; orang dewasa istirahat cukup 8jam untuk menyegarkan kembali/merefres kembali otak dan tubuh kita. terutama dimalam hari, hindarilah kegiatan yang dapat membuat kita sulit tidur.
  6. Lakukanlah penyeimbangan antara jasmani dan rohani kita.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar