Selasa, 28 Desember 2010

KKG (KELOMPOK KERJA GURU)

MENINGKATKAN  KUALITAS  GURU  SD MELALUI  KKG
DIFINISI  KELOMPOK  KERJA  GURU SD
      Pemb inaan profesi guru didalam meningkatkan mutu PBM dilingkungan sekolah dapat dilakukan melalui wadah yang  ada salah satunya adalah kelompok kerja guru (KKG). KKG adalah suatu wadah pertemuan kegiatan para guru yang tergabung dalam organisasi gugus sekolah dalam rangka peningkatan mutu peningkatan. Sedangkan Gugus sekolah adalag sekelompok gabungan dari beberapa sekolah (antara 3 sampai 8 SD) yang memiliki tujuan, semangat maju bersama dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui penerapaqn sistem pembinaan profesional.KKG disini merupakan bengkel kerja profesional untuk meningkatkan kemampuan guru-guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Guru-guru dari beberapa sekolah dalam 1gugusnya berkumpul di SD inti. SDinti adalah SD yang dipilih antara anggota gugus yang mempunyai peranan sebagai pusat pengembangan pada tingkat gugussecara institusional memiliki sarana dan prasarana tenaga kependidikan yang memadai untuk menunjang upaya peningkatan mutu pendidikan dilingkungan gugus tersebut. 
       Pertemuan guru-guru di SD dalam kegiatan KKG seyogyanya dilaksanakan dihari Sabtu guna membicarakan teknis edukatip ; baik hambatan maupun temuan-temuan baru oleh seorang guru disaat didalam kelas,ternyata kurang dimanfaatkan sesuai dengan tujuan yang diharapkan dalam supervisi. 
       Banyak guru yang mengakui dalam dirinya masih ada kekurangan-kekurangan dalam melaksanakan KBM dikelas. Tetapi tidak semua guru mau mencari sendiri sumber belajar untuk meningkatkan rpofesionalitasnya, mungkin karena alasa waktu maupun alasan-alasan lainnya. Hal inilah KKG sangat diperlukan untuk membina guru-guru dalam 1gugus sekolah. 
      Didalam KKG guru-guru memperoleh manfaat antara lain:
  1. Ilmu yang dikembangkan dalam suatu penataran
  2. Cara membuat persiapan mengajar dan lembaran-lembaran kerja yang benar
  3. Bimbingan dari para pembina
  4. Cara menyampaikan materi pelajaran pada anak di KBM yang benar dan baik supaya anak senang, nyaman dan mudah menangkap pelajaran
  5. Cara mengatasi anak yang lemah penangkapan materi, anak nakal dan malas, dll
  6. rasa kekeluargan sesama rekan sejawat
  7. Pengalaman-pengalaman baru.
  8. Dan lain sebagainya
Prosedur Pelaksanaan KKG
      Program kegiatan KKG disusun secara bersama berkelanjutan dan terjadwal, dipantau serta dievaluasi.
Yang datang dalam pertemuan KKG adalah:
Guru  kelas   -  Guru Agama   -   Guru Penjaskes
Pemandu Bidang Studi (PBS)
Mereka adalah anggota tetap pertemuan KKG


               Nara Sumber                           KKG                         Pengurus KKG

   Kepala  Sekolah          -           Penilik Sekolah      -          Pembina Lainnya
  
                 


       Keberadaan Kepala sekolah dipertemuan KKG akan menambah pengetahuan dirinya dan menambah semangat guru -guru yang menjadi bawahannya didalam bekerja. Pemandu Bidang studi (PBS) yang mendapatkan tugas sesuai jadwal kegiatan perlu mempersiapkan bahan diskusi atau suatu hal yang menarik bagi peserta pertemuan. Penguru KKG  diperlukan hadir untuk memberikan pengumuman atau petunjuk administrasi. 
      Hal-hal yang harus diperhatikan dalam setiap kegiatan KKG:
  1. Kepala Sekolah dapat menyesuaikan dengan program disekolahnya
  2. Guru tidak sering meninggalkan kelas
  3. Jangan terjadi kejenuhan di para peserta
  4. Jangan didoominasi oleh salah satu atau beberapa guru.beri kesempatan kepada teman-teman yang lain
  5. Semua guru harus menerima info-info yang uptodet dan memberi kesempatan buat guru-guru yang ingin menyampaikan ide-ide kepada teman guru SD lain
      Frekuensi pertemuan di KKG;misalnya:
  • Sekali dalam seminggu
  • Sekali dalam sebulan
      Tempat pertemuan KKG tetatap dipusat kegiatan guru/di SD Inti dalam 1gugus terkecuali ada rencana keluar.
       Hal yang harus dilakukan oleh pengurus KKG supaya peserta tidak bosan alias KKG menarik untuk didatangi oleh para pesertanya:
  1. Ruangan harus diatur sedemikian rupa agar tidak membosankan
  2. Pemandu/pembina dapat mengatur meja dan tempat duduk diskusi sesuai dengan kebutuhan topik yang akan dibicarakan
  3. menggunakan metode yang variasi;misalnya: diskusi,demontrasi,simulasi,ceramah, pembagian tugas,ekspirimen, tanya jawab dll
  4. libatkan semua peserta dalam kegiatan
  5. Rasa aman, nyaman dan gembira tumbuhkan dalam hati peserta KKG
  6. Kegiatan harus bermanfaat buat peserta
  7. Waktu harus memadai
  8. Pemandu/pembina harus memiliki kepemimpinan yang baik, bijaksana,ramah dan selalu ceria
  9. Materi diskusi diangkat dari Kurikulum/silabus yang berlaku
  10. Hasil pelaksanaan KKG agar segera dilaksanaakan oleh para guru dan dikembangkan didepan kelas saat KBM.
  11. Pemandu/pembina jangan menggurui peserta diskusi
 Para guru di Gugus III Kec. Kasiman-Bojonegoro sangat riang disaat KKG
 Bu Yuli (membawa Mic) mengajak rakan guru untuk menyanyi di kegiatan KKG
Pada Gugus III Kec. Kasiman
Bapak Asnandi (Penilik Sekolah) sedang semangatnya menyampaikan materi.
(suasana penuh keakraban dan kekeluargaan)

Daftar Pustaka:
  1. Pedoman pembinaan profesional guru SD. Media pembinaan pendidikan. Depdikbud Jatim;Januari tahun1997
  2. Petunjuk peningkatan mutu pendidikan di SD. Derektorat Pendidikan Dasar 1995/1996
  3. Ansyar,Moh dan Nurtain,H. Pengembangan dan Inovasi kurikulum.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar